Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa karbon, hydrogen, dan oksigen yang terdapat di alam. Banyak karbohidrat yang memiliki rumus empiris CH2O, misalnya rumus molekul glukosa adalah C6H12O6 (Enam kali CH2O). Karbohidrat sangat beranekaragam sifatnya. Misalnya sukrosa (Gula pasir) dan kapas, keduanya adalah karbohidrat. Salah satu perbedaan utama antara berbagai tipe karbohidrat adalah ukuran molekulnya.

Monosakarida

Monosakarida sering disebut gula sederhana, Monosakarida tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih kecil. Beberapa monosakarida yang lazim antara lain Glukosa. Glukosa kadang disebut sebagai gula darah (karena dijupai di dalam darah), Gula anggur atau dekstrosa. Binatang menyusui dapat merubah sukrosa, laktosa (gula susu), maltose, dan pati menjadi glukosa , yang kemudian digunakan sebagai energy oleh organism itu, atau disimpan sebagai glikogen. selain glukosa, ada juga fruktosa, galaktosa, riosa dan deoksiribosa. Klasifikasi monosakarida biasanya berdasarkan system D & L. suatu monosakarida merupakan anggota derer-D jika gugus hidroksi pada karbon kiral yang terjauh dari karbon 1 juga terletak disebelah kanan dalam proyeksi fischer, dan suatu monosakarida merupakan anggota derer-L  jika gugus hidroksi pada karbon kiral yang terjauh dari karbon 1 juga terletak disebelah kiri dalam proyeksi fischer. Pada proyeksi rumus Haworth, anggota deret-D jika gugus hidroksi gugus CH2OH diletakan dibagian atas bidang cincin, sedangkan anggota deret-L jika gugus hidroksi gugus CH2OH diletakan dibagian bawah bidang cincin.

Disakarida

Suatu disakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari dua satuan monosakarida yang dipersatukan oleh suatu hubungan glikosida dari karbon 1 dari satu satuan ke satu OH satuan lain. Monosakarida bisa terususun dari monosakarida yang sama maupun berbeda.disakarida dapat dihidrolisis menjadi monosakarida penyusunya.  Berikut beberapa disakarida :

  • Maltose       (Glukosa &Glukosa)

Maltose digunakan dalam makan bayi dan susu bubuk beragi. Gula ini merupakan disakarida utama yang diperoleh dari hidrolisis pati.

  • Selobiosa     (Glukopiranosa & Glukopiranosa)
  • Laktosa         (Glukopiranosa & galaktopiranosa)

Laktosa merupakan suatu disakarida yang alamiah dijumpai hanya pada binatang  menyusui, air susu sapid an manusia mengandung kira kira 5% laktosa

  • Sukrosa        (Glukopiranosa & Fruktofuranosa)

Sukrosa adalah gula pasir biasa yang berasal dari tanaman tebu

 

Polisakarida

polisakarida adalah senyawa dalam mana molekul molekul mengandung banyak satuan monosakarida yang dipersatukan dengan ikatan glukosida. hidrolisis lengkap akan mengubah suatu polisakarida menjadi monosakarida. polisakarida memenuhi tiga maksud dalam kehidupan : sebagai bahan bangunan, bahan makanan, dan sebagai zat spesifik. berikut beberapa jenis polisakarida

  • Selulosa

selulosa merupakan senyawa organik yang paling melimpah dibumi. diperkirakan sekitar 1011 ton selulosa disintesis pertahunya.

  • Pati
  • kitin
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s