Depresi dan sakit jantung

Bagi Anda penderita penyakit jantung koroner, mungkin kini Anda harus berhati-hati dalam menjaga tingkat depresi Anda. Kenapa? Karena depresi dan penyakit jantung ternyata memiliki hubungan yang erat dalam masalah “membunuh”. Kombinasi dua “sahabat” ini, bila dialami seseorang sekaligus dalam waktu bersamaan, membuat si pasien memiliki resiko kematian empat kali lebih tinggi dibandingkan bila hanya memiliki salah satu saja seperti depresi saja atau penyakit jantung saja.

Sebuah riset Studi Whitehall Inggris II telah dilakukan di Inggris dan Perancis dalam masalah ini. Tidak tanggung-tanggung, enam ribu pasien ikut andil dalam penelitian ini selama beberapa tahun. Hasilnya, pasien pengidap penyakit jantung saja memiliki resiko kematian hingga 67%. Dan bila si pasien secara bersamaan juga mengalami depresi, prosentase resiko kematiannya semakin bertambah.

Lalu, bagaimana caranya agar resiko ini bisa diminimalisir? Amy Thompson, salah seorang perawat jantung senior di British Heart Foundation mengatakan bahwa olahraga teratur serta mengkonsumsi makanan sehat dan tidak berlebih-lebihan dalam menyantap makanan, dapat membantu Anda dalam menghindari resiko ini. Dan agar depresi tidak mendatangi Anda, ternyata melaksanakan ibadah secara rutin dan teratur setiap hari serta mendekatkan diri pada Tuhan, merupakan obat yang ampuh dalam menghindari munculnya depresi.
sumber :Remedies.com
http://health.indexarticles.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s