Meditasi itu sederhana

Meditasi berarti keheningan (diam) dalam kesendirian. Diam berarti berhentinya fisik, atau setidaknya melambatnya irama aktivitas fisiologis. Sedangkan kesendirian berarti orang yang bermeditasi harus melakukan sendiri, tanpa bantuan, tuntunan atau kehadiran orang lain. Meditasi dianggap mampu menymbuhkan berbagai penyakit, karena saat meditasi, seluruh organ, sel dan zat dalam tubuh akan mengalami homeostatis. Inilah kondisi ketiak semua unsur di dalam tubuh bergerak, berfungsi seimbang an bekerja teratur. Dalam kondisi seperti ini, ketahanan tubuh meningkat dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyembuhan sendiri juga otomatis meningkat. Kekebalan tubuh yang meningkat berkat meditasi bahkan sanggup melawan kanker. Berdasarkan penelitian Dr. Richard Childs, Direktur National Institutes of Health, US, terungkap bahwa kanker stadium berat, seperti kanker darah, kanker ginjal dan kanker getah bening, ternyata bisa sembuh setelah system kekebalan tubuh penderita ditingkatkan melalui meditasi.  Menurut Luh Ketut Suryani, dalam buku Meditasi Mencapai Hidup Bahagia, ada 2 jenis meditasi. Keduanya sama-sama bertujuan membawa seseorang menghayati fungsi fisik dan mental pada tingkat kesadaran yang berbeda dari biasanya:


1. Meditasi Konsentrasi. Yaitu berusaha memusatkan pengelihata dan pendengaran pada obyek tertentu. Caranya: pikiran, perasaan, dan kemauan dikonsentrasikan sepenuhnya pada satu rangsangan yang datang berulang-ulang. Misalnya kata, suara, doa, ungkapan, pernapasan, atau object visual tertentu.2. Meditasi Merasakan. Yaitu mencoba memusatkan konsentrasi pikiran dan kemauan untuk merasakan hal-hal di luar diri Anda. Misalnya, energi yang berasal dari lilin yang menyala, gambar orang suci atau titik hitam. BIsa juga dilakukan dengan cara menderaskan mantra, zikir, Rosario atau suara berulang-ulang.

Berikut ini adalah tips bagaimana melakukan meditasi dengan mudah dan sederhana, menurutAriwibowo Prijosaksono dan Marlan Mardianto dalam bukunya Self Management:

1. Sebelumnya, lakukan senam ringan 10 menit diakhiri dengan aktivitas pern
apasan, ini bermanfaat menyegarkan tubuh.

2. Carilah ruangan khusus dan sunyi, agar tak terganggu aktivitas orang lain.

3. Gunakan kaset atau CD khusus meditasi atau aroma terapi, jika menginginkan variasi suasana selain keheningan.

4. Ambil posisi duduk dengan telapak kaki sejajar lantai atau bersila dan mata terpejam. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan embuskan lewat mulut perlahan.

5. Lakukan 15-30 menit setiap hari,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s