Cara “putus” dari ROKOK (Udud)

Jika anda perokok, berhentilah merokok mulai saat ini. Lebih banyak kerugian dibandingkan keuntungan yang ada dari rokok. Menurut survey dapat dipastikan 70% pria dewasa di indonesia adalah perokok aktif. Jumlah yang luar biasa memang, apalagi jumlah ini berbanding lurus dengan kemiskinan di negeri ini. Sesungguhnya orang-orang yang merokok itu jauh di dalam hatinya, ingin berhenti dan lepas dari rokok.  Namun zat adiktif yang terkandung dalam rokok membuat orang yang mengkonsumsinya menghisap rokok, lagi, lagi, dan lagi.

Namun demikian, tentu saja kita sebagai manusia yang berakal, tetap harus berusaha untuk menghindari rokok. Berikut ini ada beberapa cara menghindari atau berhenti merokok dengan mudah yang dapat anda simak.

Cara menghindari atau berhenti merokok, jangan lupa, ketika anda berniat untuk melakukannya, anda  perlu mendapat dukungan dari keluarga, kawan, pacar atau orang terdekat anda.
Niat, niat, dan niat.

Selalu niatkan dalam hati untuk berhenti merokok. Tentunya niat yang sepenuh hati  dan tidak setengah-setengah. Lalu, baca ini…

Mengurangi rokok
Kurangi rokok anda setiap harinya. Dari yang tadinya lima batang perhari, menjadi dua  batang. Kemudian nantinnya dari dua batang menjadi hanya satu batang perhari.

Jangan merokok di bulan-bulan berikutnya
Sugestikan pada diri anda bahwa anda sanggup untuk tidak merokok di beberapa bulan  ke depan. Buat jadwal bulanan dimana anda tidak merokok setiap harinya.

Jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok.
Hindari ketika teman anda sedang merokok saat kumpul bersama. Teguhkan hati anda  disaat teman anda bertanya mengapa anda tidak lagi merokok, dan jangan sampai termakan bujukan orang untuk tetap kembali merokok.

Minum air putih
Disaat ingin sekali merokok, minumlah air putih yang banyak. Anda juga bisa mencoba mengganti rokok dengan permen karet supaya mulut anda terus mengunyah dan rasa asam yang menyebabkan ingin merokok pun berkurang.

Berolahraga secara rutin
Biasakan diri anda berolahraga dengan teratur. Manjakan   kembali paru-paru anda dengan menghirup udara segar di pagi hari saat berolahraga. Dengan berolahraga juga dapat anda dapat terhindar dari resiko terserang penyakit yang lebih besar.

Aktivitas yang bermanfaat
Perbanyak aktivitas di luar yang bermanfaat dan positif. Melakukan banyak kegiatan di dalam ruangan ber AC pun akan menghindari anda untuk menghisap rokok. Jangan perbanyak waktu  bengong anda sehingga menyebabkan anda mempunyai keinginan kembali untuk merokok.

Jauhi aksesoris rokok
Jauhi barang-barang seperti asbak, bungkus rokok, serta korek gas atau pemantik dari pandangan mata anda terutama di sekitar rumah.

Terapi/check up ke dokter
Lakukan terapi sesuai saran dokter supaya dapat dipantau.

Tanamkan cara berpikir sehat
Tanamkan pada diri anda bahwa saat merokok, dengan kata lain anda memasukkan  racun ke dalam tubuh anda sendiri. Kemudian ingatlah hal-hal yang bisa anda dapatkan saat anda berhenenti merokok seperti terhindar dari penyakit kanker dan gagal jantung, dapat memiliki kehidupan sosial yang lebih baik, dan juga, uang yang anda keluarkan untuk rokok, dapat anda tabung untuk nantinya membeli barang-barang yang lebih bermanfaat seperti misalnya kado untuk pacar anda.

Sumber : Areadewasa.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s